PTPN Group Dukung Ketersediaan Feedstock dalam Implementasi Biofuels di Indonesia

Sobat #NusantaraPlanters,

Sebagai bentuk dukungan terhadap program implementasi bahan bakar nabati (biofuels) di Indonesia, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) yang diwakili oleh Leonardo Alexander Renatus Pane dari Divisi Business Strategy, ESG dan Sustanability diundang sebagai narasumber dalam acara Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023 yang digelar pada Kamis (7/9) di Park Hyatt Hotel, Jakarta.

PTPN menyuarakan komitmen, inisiatif serta pencapaian dalam produksi bioethanol dari molasses melalui PT Enero yang merupakan anak perusahaan PTPN X sejak tahun 2013 dengan kapasitas pabrik 100 kL/day dan rencana Pembangunan pabrik biodiesel oleh PT INL kapasitas 443 ribu ton biodiesel/tahun.

PTPN melalui Sub Holding Gula (PT SGN) juga mendukung penuh implementasi Perpres 40/2023 terkait swasembada gula nasional di tahun 2028 dan produksi bioethanol nasional sebesar 1,2 juta kL pada tahun 2030.

ISF 2023 tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang berkolaborasi dan bersinergi dengan Pertamina dengan Thematic Session: Cultivating a Greener Future: Fostering Capability and Sustainability with Alternative Fuels. PTPN Group berkomitmen terus mengembangkan bisnis renewable energy dan berkontribusi dalam program mandatori biodiesel dan bioethanol di Indonesia.